Aplikasi Data Center, merupakan aplikasi pusat manajemen data bagi semua software aplikasi layanan IT Sekolah Terintegrasi. Penambahan atau perubahan data pada Aplikasi Data Center akan secara otomatis berlaku pada Program aplikasi layanan yang lain. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan operasional dan pemeliharaan datanya, karena satu data untuk semua aplikasi. Layanan ini berfungsi untuk mengelola data siswa, guru, pegawai, rombel hingga mapel berikut fitur beberapa data referensi sekolah hingga proses periodik tahunan seperti import siswa baru, proses kenaikan kelas dan kelulusan.
Fitur utama dari software aplikasi data center ini mencakup:
- Sinkronisasi otomatis dengan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) untuk memastikan data sekolah selalu mutakhir dan sesuai standar nasional.
- Input dan manajemen referensi ketenagaan, tingkat kelas, jurusan, dan rombongan belajar.
- Pengelolaan data siswa, guru, pegawai, serta proses periodikal seperti import siswa baru, kenaikan kelas, dan kelulusan.
- Integrasi data dengan software absensi, penilaian, pembayaran, layanan kesehatan sekolah (UKS), perpustakaan digital, manajemen dokumen, dan kantin digital.
- Aplikasi berbasis web untuk akses yang mudah dari berbagai perangkat.
- Memberikan kemampuan untuk memantau kinerja sistem dan menghasilkan laporan terkait data siswa, kehadiran, hasil belajar, dan aktivitas lainnya secara periodik.
Dengan menggunakan software aplikasi Data Center ini, sekolah dapat meningkatkan efisiensi operasional, integrasi data dengan seluruh komponen Digitalisasi Sekolah dan minimalisasi potensi terjadinya salah input data.